Selasa, 29 November 2011

LBT#11 TRES LECHES CAKE


Buka facebook ternyata PR LBT#11 uda keluar... waktu lihat PRnya sempat bingung-bingung gitu ini cake modelnya kayak apa yak??? sampe pake 3 macam susu... yang ada dalam bayanganku cake ini pasti manis buanget karena uda pake gula pasir + susu kental manis yang banyak... hhhhmmm... akhirnya daripada penasaran dengan penampakan si cake ini coba googling di youtube... and ternyata gini yak modelnya... boleh juga nich untuk langsung dipraktekan... kebetulan semua bahan yang dibutuhkan ada tersedia...

Kebetulan PR kali ini resepnya uda disediakan oleh host yang bertugas... jadi daripada bingung-bingung cari alternatif resep lain aku pake resepnya host aja... tapi untuk bahan susu yang akan disiramkan ke cake aku cuma pake setengah resepnya aja... tapi ternyata masih kebanyakan... jadinya aku paksakan untuk menyiramnya di atas and di samping-sampingnya cake... sayang soalnya kalo gak dipake bakal jadi penghuni tempat sampah... next time kalau mau bikin mau pake 1/4 resep aja untuk bahan siraman... supaya cakenya gak terlalu basah...

Cakenya aku diemin semalaman dikulkas... paginya jadi teman minum teh... waktu suapan pertama masuk mulut kayaknya rasa cakenya agak kemanisan... berhubung di rumah cuma ada 3 orang dewasa + 1 orang baby... jadi cakenya lama semedi di kulkas... berhubung orang-orang rumah gak terlalu suka ma kue yang manis-manis jadi tiap kali makan cuma ngambil sepotong kecil aja... but setelah sekian lama tu cake semedi di kulkas ternyata rasanya makin enak... jadinya the last piece of this cake jadi rebutan... hehehhe...

Source by: The Pioneer Woman
Modified by: Vivi Nowotny

Bahan Cake:
  • 140gr Tepung Terigu
  • 1 1/2sdt Baking Powder
  • 1/4sdt Garam
  • 5btr Telur, Pisahkan kuning dan putih
  • 180gr Gula Pasir, (dibagi menjadi 140gr dan 40gr)
  • 1sdt Vanilli
  • 80ml Susu Cair

Bahan Siraman: (aku pake 1/2 resep dari resep di bawah):
  • 350ml Susu Evaporated
  • 350ml Susu Kental Manis
  • 60ml Krim Kental

Frosting:
  • 250ml Krim Kental
  • 3sdm Gula Pasir


Cara Membuat:
  1. Panaskan oven 180'. Olesi loyang 9x13' dengan butter tipis, sisihkan.
  2. Ayak tepung, baking powder dan garam, sisihkan.
  3. Kocok kuning telur dan 140gr gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan vanilli kedalamnya, kocok kembali hingga tercampur rata - kocok sebentar saja.
  4. Tuang campuran kuning telur tadi kedalam campuran tepung dengan menggunakan spatula karet, aduk balik secara perlahan sampai tercampur rata.
  5. Kocok putih telur dengan mikser kecepatan tinggi hingga mengembang, kemudian masukkan 40gr gula pasir, kocok kembali hingga Soft Peak.
  6. Masukkan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan spatula karet, aduk rata, kemudian masukkan kembali campuran putih telur tadi kedalam adoan tepung, aduk-aduk adonan perlahan dengan cara aduk balik sampai tercampur rata.
  7. Tuangkan adonan kedalam loyang. Panggang selama 35-45 menit (tes tusuk). Angkat loyang kue dan biarkan dingin selama lk. 1/2-1jam. 
  8. Sementara itu buat campuran untuk siraman... Campur dan aduk rata susu kental manis, susu evaporated dan krim kental di dalam wadah, sisihkan.
  9. Setelah cake dingin, tusuk-tusuk perlahan pemukaan cake menggunakan tusuk gigi atau garpu di beberapa bagian cake agar saat cake disiram dengan susu akan terserap lebih baik dan susu tidak menggenang di atas permukaan cake. Secara perlahan siramkan campuran susu diatasnya (saat disiramkan, cake masih di dalam loyang).
  10. Masukkan cake ke dalam kulkas dan biarkan susu sampai betul-betul menyerap ke dalam cake sampai betul-betul terserap, lk 8 jam (semalaman).
  11. Frosting: Campur semua bahan hingga mengembang dan lembut.
  12. Penyajian: Berikan frosting diatas cake merata atau dapat mengguankan spuit, potong-potong.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...