Kamis, 27 Oktober 2011

MY HOMEMADE EGG TOFU


Egg tofu or tahu telur or tahu jepang or tahu sutra adalah tahu yang bertekstur sangat lembut... dan paling cocok di campurkan dengan masakan-masakan oriental...

Kalau bisa bikin sendiri kenapa harus beli???

Ada begitu banyak keuntungan membuat makanan home made... selain hieginis, jatuhnya lebih murah dan yang paling penting terbebas dari bahan pengawet maupun bahan kimia tambahan yang gak perlu...

Kesalahanku:
Karena lagi malas nyaring pake kain jadinya cari gampang... aku nyaringnya pake saringan tepung... akhirnya menghasilkan tekstur tahu yang kasar... hix... hix... hix... :(

Bahan:
  • 1mangkok Kacang Kedelai yang telah di rendam semalaman (jumlah kacang kedelai di ukur pada saat kacangnya sudah mengembang)
  • 2mangkok Air Masak
  • 1sdt Garam
  • 1sdm Tepung Maizena (cairkan dengan sedikit air)
  • 5btr Telur

Cara Membuat:
  1. Blender kacang kedelai dengan air sampai berubah menjadi seperti susu. (perbandingan kacang kedelai dengan air harus 1:2 = Kacang kedelai 1 : Air 2)
  2. Saring air kacang kedelai langsung di dalam belanga (nyaringnya harus... harus... harus... menggunakan kain, kalo gak tekstur tahunya akan kasar).
  3. Masukkan garam, didihkan dengan api kecil hanya sampai air tahu berbuih kecil di pinggiran.
  4. Pada saat pinggiran tahu sudah mulai mengeluarkan buih, masukkan cairan tepung maizena, aduk cepat sampai agak kental. Angkat. dinginkan.
  5. Kocok telur kemudian saring, campurkan ke dalam air tahu yang sudah dingin. aduk rata.
  6. Masukkan dalam wadah yang telah di alasi plastik wrap, ini bertujuan supaya tahunya tidak lengket pada wadah.
  7. Didihkan air kukusan, Kukus tahu lk. 30 menit dengan api yang sangat kecil. Penggunaan api kecil pada saat pengukusan bertujuan supaya tekstur tahu mulus... tidak berbuih-buih.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...