Selasa, 11 Oktober 2011

MY HOME MADE TAHU


Suenengnya bisa bikin tahu sendiri... sebenarnya bikin tahu tuch supeeer dupeeer mudah loh... malahan waktu bikin kemaren sering di tinggalin... and pagi ini tahunya uda jadi n siap untuk di olah... :)

Awal cerita kepengen bikin tahu sendiri karena kecurigaanku akan tahu yang di jual abang-abang yang keliling-keliling komplex setiap pagi...
Pernah suatu waktu lagi potong-potong tahu untuk di goreng... tiba-tiba tahunya jatuh ke lantai... tapi tahunya gak hancur maupun retak sama sekali... teksturnya tetap utuh dan keras... padahal jarak dari meja ke lantai ada sekitar 75 cm...
Da gitu pernah juga semediin tahu di dalam kulkas sekitar 1 bulan lebih. Bukannya sengaja semediin tu tahu tapi ya gitu dech... suka buanget belanja-belanji bahan-bahan makanan tapi malas untuk mengolahnya sampe-sampe kelupaan gitu... waktu buka tu tahu langsung kaget... kok ni tahu teksturnya masih bagus aja... masih keras trus gak ada aroma basi??? langsung garuk kepala dech lihat tu tahu-tahu.
Kan ciri tahu berformalin yaitu teksturnya keras walaupun jatuh gak bakalan hancur n bisa awet di simpan di kulkas selama berminggu-minggu... hhhmmmm....

Atas dasar inilah sampe kepikiran mengolah bahan-bahan makanan secara alami... walaupun agak sedikit repot dibandingkan kalo tinggal asal beli... tapi yang jelas yang namanya home made itu bener-bener terjamin kehieginesannya n tentunya bebas bahan-bahan pengawet yang berbahaya untuk kesehatan. Kalo bisa bikin sendiri kenapa harus beli???

Gak sabar untuk mencicipi my first home made tahu... and langsung dech di goreng... Sumpaaaah... teksturnya padat... rasanya enak... menurut lidahku ini tahu yang paling enak yang pernah aku makan padahal gorengnya cuma pake garam doank... Bener-bener high... high... high... recommended.

Bahan:
  • 500gr Kacang Kedelai (rendam semalaman)
  • 1500ml Air Masak
  • 4bh Jeruk Nipis

Cara Membuat:

  1. Blender kacang kedelai yang telah di rendam semalamam dengan air sampai menjadi seperti susu.
  2. Saring kacang kedelai yang telah di blender ke dalam panci menggunakan kain tipis berpori-pori sangat kecil. Rebus pelan dengan api kecil sampai pinggirannya mulai bergelembung (tidak perlu sampai mendidih). Dinginkan sampai suam-suam kukuh kemudian masukkan air perasan jeruk nipis. Biarkan sampai butir-butiran tahu keluar. 
  3. Siapkan loyang yang berlubang-lubang kemudian alasi dengan kain yang dipakai untuk penyaringan tadi. Tuang butiran-butiran tahu ke dalam loyang, rapikan, tutup. Tiriskan airnya sampai benar-benar tertiris.
  4. Taruh barang/ wadah yang berat di atas tahu supaya tekstur tahu bisa padat. Biarkan semalaman. (Cek tahu dalam waktu beberapa jam... kalau sudah agak set simpan dalam kulkas tapi tetap di tindis sama wadah berat supaya teksturnya lebih padat)
  5. Tahu siap untuk di olah :)

Note: Supaya tahu bisa awet disimpan selama beberapa hari.

  • Cuci tahu dengan air bersih. 
  • Masukkan kedalam wadah yang berpenutup kemudian rendam dengan air masak (ganti airnya setiap hari).
  • Simpan dalam kulkas.


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Jeruk nipis apakah dpt diganti dgn jeruk lemon, cuka staupun cuomakan.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...