Sabtu, 13 Agustus 2011

AYAM PANGGANG MADU



Telah ditetapkan hari sabtu adalah hari makan daging... jadi ayam panggang ini adalah salah satu menu breakfast pagi ini... thank God n thank you buat sang empunya resep... Ini resepnya pak Sahak yang aku dapat di blognya mbak Camelia. Tapi aku modifikasi di cara pembuatannya... berhubung saya panggangnya pake otang makanya ayamnya saya ungkep terlebih dahulu bersama bumbu-bumbunya, setelah bumbunya uda meresap ke ayam baru dech dipanggang... karena pengen mendapatkan efek shiny jadinya ayamnya aku olesi dengan madu... yang ternyata madu ini membuat si ayam panggang ini terasa lebih enak... :) Daddy suka ma rasa ayam panggangnya...
Karena Daddy gak suka makan sambel makanya sambelnya gak dikomentarin... tapi menurut lidahku sambel ini bener-bener nendaaaaaaaaang... kalah dech tendangan para jago karate... hehehehe...

Bahan:
  • 1ekor ayam, potong 8 (ayam kampung, potong 4)
  • 2bh Jeruk Nipis
  • 6lbr Daun Jeruk
  • 6lbr Daun Salam
  • 10sdm Kecap Manis
  • 1sdt Chiken Powder (gak pake)
  • 1sdt Lada Halus
  • 2bh Jeruk Limau, ambil airnya (cuma pake 1 bh aja)

Bumbu halus:
  • 10btr Bawang Merah
  • 8btr Bawang Putih
  • 10bh Kemiri
  • 1sdt Garam
  • 25gr Gula Merah
  • 1ruas Jahe

Cara Membuat:
  1. Cuci bersih ayam, lumuri air jeruk, diamkan lk. 10 menit.
  2. Bilas ayam, tiriskan, sisihkan.
  3. Susun daun salam dan daun jeruk dalam wajan sebagai alas ayam.
  4. Campur bumbu halus dengan lada dan kecap dalam satu wadah/ baskom.
  5. Baluri ayam dengan bumbu.
  6. Angkat dan susun sepotong demi sepotong dalam wajan (aku pake wajan datar yang lebar), masak dengan api kecil sampai bumbunya meresap.
  7. Korek bagian bawah sesekali supaya tidak gosong di dasar.
  8. Setelah ayam bagian bawah agak matang dan telah menyerap bumbu balik posisinya.
  9. Masak terus sampai matang dan bumbu meresasp dan kental.
  10. Masukan air jeruk limau dan aduk rata dengan hati-hati (aku hanya mengucurkan air jeruk limo di tiap daging ayam).
  11. Siap dibakar di atas bara atau oven sambil di oleskan sisa bumbu (aku memanggangnya di dalam oven n mengolesi tiap bagian ayam dengan sisa bumbu dan madu).

SAMBEL

Bahan:
  • 250gr Cabe Merah
  • 20bh Cabe Rawit
  • 30gr Bawang Putih
  • 60gr Bawang Merah
  • 200gr Tomat
  • 75gr Gula Merah
  • 5gr Asam Jawa
  • 25gr Terasi
  • 18gr Garam
  • 4bh air Jeruk Limau (aku cuma pake 1 buah aja, belah 6)

Cara Membuat:
  1. Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan terasi sampai 1/2 matang.
  2. Haluskan dengan sisa bumbu lainnya.
  3. Panaskan minyak sisa gorengan tadi, tumis bumbu halus dengan api kecil sampai harum, berwarna merah tua dan keluar minyaknya.
  4. Tambahkan air secukupnya bila perlu.
  5. Matikan api, bubuhi jeruk limau, aduk rata. (aku memasukkan potongan jeruk limau yang telah aku tumbuk kasar terlebih dahulu)

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...