Minggu, 14 Agustus 2011

CAKALANG KUAH SOUS ALA MAMA


Kan uda aku bilang kalo di blogku ini semua resep masakannya simple-simple buanget... bahan-bahan dan bumbu-bumbu sudah pasti ada di dapur... termasuk resep masakan yang super... duper... simple ini... :)

Rencananya sore ini mau keluar jalan-jalan sekalian dinner di luar... egh gak taunya Viyi n Daddy malah nanding ngorok di kamar... mumpung masih jam 4 sore mommy ikutan ngorok juga... wkwkwkw... gak mau ketinggalan... dan ternyata waktu buka mata... what!!! :0 ternyata uda jam 7 malam... mana belum ada yang mandi seharian juga... akhirnya rencana mau jalan-jalan n dinner di luar batal dech... mau tidak mau harus masak untuk dinner... mulai puyeng dech lihat isi kulkas yang pada kosong melompong... berhubung uda beberapa hari gak ke pasar... tiba-tiba ni mata tertuju ma satu wadah kecil di dalam freezer... ough... ternyata masih ada ikan tuna yang biasa dipakai untuk campuran buburnya Viyi.... kata dokternya Viyi, ikan tuna sangat bagus dikonsumsi anak bayi untuk meningkatkan kecerdasan otak... makanya tiap hari Viyi dikasih makan ikan tuna :)
Langsung dech ambil tu ikan sambil berkata, "Viyi mommy pinjem dulu ikannya ya... nanti besok mommy ganti" (padahal Viyi-nya gak ada disitu... mommy ngomong ma siapa??? hehehhe)

Waktu liburan di kampung tahun lalu... malam-malam yang duingiiiin buanget... (maklum kampungku berada di ketinggian... jadi kalo uda sore menjelang malam udaranya uda bener-bener duiiiingiiin) mama masakin ikan berkuah... masaknya juga cepet buanget... gak sampe 15 menit makanan sudah tersaji... "wuaaaaaaahhhh... muantabs nich ma... dingin-dingin gini makan yang anget-anget..." Sangking nikmatnya tu makanan jadi nambah mulu dech... Makan sambil ngobrol nanyain resepnya... haaaaaaaahhh??? bahannya cuma segitu??? 

Bahan:
  • 1ekor Ikan Cakalang
  • 1bh Lemon Cui/ Jeruk Nipis
  • 1/2sdt Garam

  • 1bh Tomat Merah Besar, potong 8
  • 5bh Cabe Rawit, tumbuk kasar
  • 1btg Daun Bawang, pisahkan batang dan daunnya, iris
  • 500ml Air
  • 1sdt Minyak Ikan (optional)
  • Garam dan Gula, secukupnya
  • Bawang Goreng, untuk taburan

Cara Membuat:
  1. Rendam ikan dengan jeruk nipis dan garam lk. 15 menit, sisihkan.
  2. Tumis cabe rawit sampai hidung bersin-bersin :) (jangan sampai gosong).
  3. Masukkan tomat dan daun bawang (bagian batangnya saja), aduk sampai layu.
  4. Masukkan air, didihkan.
  5. Masukkan ikan, masak sampai ikan matang.
  6. Tambahkan garam, gula, minyak ikan. Masak Sebentar. Angkat.
  7. Taburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan Panas.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...